Cerita Dari Malam Final Gadis Sampul 2011

                                      Katanya sih ini Fashion Party ala Gadis

Berawal dari pertanyaan dan permintaan beberapa orang yang hampir semuanya berbunyi,
“Gimana malam final kemarin?, cerita donggg”, akhirnya saya memutuskan untuk menuliskan ini cerita ini. Karena saya pikir, kayaknya agak PR juga kalau harus menceritakan satu persatu ke masing-masing penanya, apalagi dalam bentuk mention di twitter atau sebatas pesan singkat tanpa ngobrol dan bertatap muka. Secara kalau harus bertemu pun susahnya setengah mati dan nggak jadi-jadi. Sementara kalau media ceritanya hanya pesan-pesan singkat atau 140 karakter di twitter kan lumayan repot dan pasti kurang puas ceritanya, secara singkat benerrrr.
Jadi, ini adalah cerita buat siapa aja yang penasaran gimana sih Malam Final Gadis Sampul 2011 yang dari jauh hari dikampanyekan dengan slogan, “Hit The Runway, It’s Fahion Party”.
Selamat membaca, jika ada yang kurang sreg di hati kalian, silakan tinggalkan komentar dan bertanya karena dalam cerita ini juga banyak terdapat rasa kurang sreg dari saya dengan acara yang pernah bikin saya terkesima sekitar 2 tahun lalu.

Kemanakah senyum-senyum ramah nan cantik para finalis Gadis Sampul?

Sekitar pukul 18.30 saya sampai ditempat acara, tepatnya di XXI Ballroom Djakarta Theater bersama seorang teman. Waktu itu keadaannya udah lumayan rame, udah banyak juga yang ngantri di pintu masuk. Tapi berhubung saya nggak pake undangan kayak yang lain, jadilah saya mampir ke meja registrasi khusus dan setelah itu dengan cueknya nerobos masuk. Niatnya sih untuk liat-liat keadaan di dalem dulu.
Sesampainya di dalam venue, ternyata pintu utama ke Ballroom belum dibuka, masih ditutup rapetpetpet, akhirnya saya keluar lagi dan clingak-clinguk siapa tau ada yang dikenal dan bisa diajak ngorbol. Emang udah sama temen sih, tapi kan ya mingle-mingle dikit harus dong…hehehee.
Udah selesai dan bosen mingle-mingle di luar akhirnya saya masuk lagi ke dalam setelah pintu utama Ballroom dibuka, buru-buru saya nge tag tempat yang disediain sama GADIS untuk media yang dateng, tapi acaranya belum mulai-mulai juga, jadilah saya mondar-mandir keluar masuk sampe temen saya bingung sendiri ngeliatnya, sorry ya bookkkk.
Saat keluar masuk itulah akhirnya saya baru sadar (maaf saya kadang memang suka terlambat nyadarin apa-apa) dengan foto-foto ke-20 finalis di billboard yang dipanjang di luar. Saya sempet ngeliatin aja itu foto-foto. Keren sih memang, dan foto-fotonya keliatan niat banget untuk dapetin feel tema utama malam itu, Runway. Tapi difoto-foto itu ke-20 finalisnya foto-fotonya muka nya serius semua, nggak ada senyum-senyumnya kayak biasa. Ya mungkin balik lagi ke tema utama, “Runway”, yang bagi saya juga identik dengan imej high fashion, atau fashion yang lebih serius lah gitu.
Tapi kenapa nggak ada foto-foto finalis dengan senyum-senyumnya yang cantik khas GADIS ya?, jujur jadi ngerasa “something miss” juga. Bagi saya, imej Gadis Sampul nya jadi agak berubah, jadi lebih serius semua. Serius dalam artian pose nya yang serius ya, kayak foto-foto di majalah remaja cewek sebelah yang belum lama ini nyelenggarain ajang pemilihan juga. Keren sih, tapi apa ya?. Tapi nggak GADIS. Apa mungkin karena saya belum terbiasa ngeliat foti-foto finalis semacam itu ya?. Hmmmmm….

Nggak ada Vierra, jadi sambutlah Bayu Rissa

Yuppp yoehhh saudara-saudara. Vierra batal tampil di Malam Final Gadis Sampul 2011, dan diganti dengan penyanyi pendatang baru Bayu Rissa. Cowok keren yang punya karakter suara unik yang juga belum lama ini jadi pengisi acara di ajang pemilihan majalah remaja sebelah itu tuh. Lupa juga sih berapa lagu yang dibawain Bayu Rissa, tapi buat saya oke lah dia sebagai opening. Di lagu terakhir yang Bayu Rissa nyanyiin, muncullah ke 7 alumni Gadis Sampul dari berberapa angkatan berbeda. Mereka itu Bunga Jelita(yang sekarang jadi tambah kurusan) , Thyzia, Ayu Fa, Sere, Nadia Ayesha, Siti Anissa, dan Dina Anjani yang perlu digaris bawahi kayak Barbieeeee. Seriusan deh, Dina Anjani bener-bener kayak Barbie, cantik dan lucu banget, but Damn! I have no picture…hephhh.
Oiya batalnya Vierra tampil di Malam Final ini juga menyebabkan beberapa jadwal acara berubah, tapi nggak terlalu ganggu sih perubahannya, dan nggak yang sampai gimana-gimana.

Acaranya cepet bangetttt….wuzzzzz

Saya juga bingung, kenapa acaranya kok kayaknya cepet banget ya?. Nggak kayak 2 tahun kemarin yang lumayan lama. Padahal acaranya kurang lebih sekitar 2 jam an, tapi asli deh acaranya tuh kerasa cepet banget, tau-tau udah baca nama-nama pemenang aja gitu. Saya sebenernya agak kecewa soalnya ada beberapa bagian yang biasanya ada di tahun-tahun sebelumnya tapi dihilangin begitu aja. Salah satunya adalah UNJUK BAKAT. Catet tuh, UNJUK BAKAT DITIADAKAN. Sayang banget asli sayang banget, padahal itu menghibur banget, ngeliat 20 cewek cantik dengan macam-macam bakat yang mereka punya, siapa juga yang nggak tambah amaze.
Saya nggak akan pernah lupa gaya keren Marcella Pranovia(Pemenang Gadis Sampul 2009) yang dance sambil mengayun-ayunkan stick golf. Saya nggak akan lupa gimana si lincah Puspa Wangi(Finalis Gadis Sampul 2009) yang nari jaipongan dengan pedenya dan gerakannya yang super luwes dan jempol banget. Saya nggak akan lupa aksi dance pake basket yang dilakuin beberapa Finalis Gadis Sampul 2010. Saya nggak akan lupa Gina Meidina Putri(Finalis Gadis Sampul 2010) yang main keyboard dengan muka penuh senyum. Saya nggak akan lupa suara Andania dan Farrah Achmedian yang nyanyiin mars Gadis Sampul yang legendaries itu. Tapi sayangnya, saya nggak akan pernah inget apa yang dilakuin para Finalis Gadis Sampul 2011 selain, perkenalan nama, umur, dan sekolah yang saya pun udah denger di Meet and Greet dan udah baca di majalah, situs, forum dan lain-lain yang berhubungan sama Gadis Sampul.
Hanya perkenalan itulah yang bikin saya kayak ngerasa asing dengan mereka, soalnya ya…nggak ada yang lebih selain perkenalan diri yang itu-itu lagi isinya, that’s it. Nggak ada unjuk bakat. Nggak ada yang nyanyi mars Gadis Sampul, sekali lagi catet, NGGAK ADA YANG NYANYI MAR GADIS SAMPUL😦. Nggak ada yang bisa nancep di otak selain kemunculan Andania diakhir acara yang langsung disambut bisik-bisik beberapa ABG disebelah saya,
“Andania cantik banget ya”.

 Tapi Mapping Video nya kerennnn

Yang paling saya inget dan saya acungi jempol adalah mapping video para finalis Gadis Sampul 2011 yang niattt banget kayaknya. Mapping Video itu adalah video para Finalis Gadis Sampul yang tampilin pose-pose dan profil mereka yang di shoot di atas gedung itu. Emang sih ala-ala ANTM(American Next Top Model) banget, tapi yasudahlah ya, itu emang keren dan bikin berasa high fashion. Keren lah itu. Dan foto-foto billboard mereka keren juga sih meski kurang berasa “GADIS”.

Kurang terasa Fashion sebenarnya

Ya buat saya jujur aja kurang terasa fashionnya, agak setengah-setengah pengangkatan tema “Runway” nya. Video mapping keren, foto oke dan terkesan high fashion banget, tapi tata panggungnya monoton, dan bikin saya mikir, kenapa nggak sekalian dibikin ala-ala catwalk beneran aja sih biar tambah terasa “Runway” nya. Dan nggak ada fashion show ya, adanya fashion dance. Nah untuk pemilihan label dan designer juga beda dari tahun kemarin, Billy Tjong udah nggak didapuk lagi sebagai designer untuk baju penobatan. Untuk fashion shownya juga bukan lagi Danjyo Hiyoji tapi RockInc dan EDBE by Eddy Betty.

Overall acara Malam Final Gadis Sampul 2011 bagi saya sendiri terasa kurang greget dibandingkan 2 tahun kemarin yang saya juga tonton langsung. Kalau tahun ini temanya adalah Runway yang secara otomatis selalu identik dengan fashion, malah kurang terasa. Kalau ditanya kurang terasa dibagian mananya, dengan jujur saya akan jawab semuanya. Karena balik lagi ke topik di atas sebelum ini, pengangkatan temanya setengah-setengah, menggantung dan nggak tuntas. Okey saya kembali bahas satu-satu unsur fashionnya :
– Fashion Show pengiring di lagu Bayu Rissa: Sebenernya itu udah oke, kemunculan 7 alumni langsung menyegarkan suasana, jadi ini skip lah.
-Fashion Dance: Kenapa fashion dance?, kenapa nggak fashion show aja sekalian?. Kenapa nuansa bajunya harus sama dengan baju yang dipake saat fashion show pengiring Bayu Rissa?. Di Bayu Rissa itu hanya pengiring loh, bukan sajian utama.
-Kemunculan ke 20 finalis dengan baju EDBE by Eddy Betty: Ini, atau mungkin ini dia fashion shownya?, tapi kurang terasa karena malah terkesan nggak serius. Dan EDBE ini lini ready to wear juga sama kayak RockInc yang dipake saat fashion show pengiring dan fashion dance. Okelah kalau memang pemilihan warnanya lebih soft dan nggak main di color blocking kayak RockInc, tapi ini nggak jauh beda sama nuansa baju penobatan yang black and white berpotongan cenderung simple dan kurang “wah”, lebih cantik dan wah tahun kemarin.
-Foto dan Video Mapping : Ini udah keren dan niat banget, walau sebenernya bisa lebih dimaksimalin lagi. Tapi saya harus akui, ini keren dan langsung bikin nuansa high fashion.

Dan inilah nama-nama pemenang Gadis Sampul 2011 :

-Gadis Sampul Favorit Pilihan Pembaca : Filly Lovely Tan nomor urut. 2 wakil dari Jakarta

-Gadis Sampul Pilihan Favorit Penonton : Olivia Pramaisella nomor urut. 3 wakil dari Jakarta

-Runner Up 2 Gadis Sampul 2010 : Marie Celia Myra nomor urut. 8 wakil dari Semarang

-Runner Up 1 Gadis Sampul 2010 : Claudia Marcia nomor urut. 20 wakil dari Jakarta

-Juara 1 Gadis Sampul 2010 : Dahlia Poland nomor urut. 3 wakil dari Bandung

Yaaa….untuk ulang tahun ke 25 Gadis Sampul, Malam Final Gadis Sampul 2011 ini sebenarnya terasa biasa aja. Nggak jauh beda dengan sebelum-sebelumnya, malah saya pribadi kurang puas. Semoga di tahun-tahun selanjutnya bisa lebih keren lagiiii…AminAminAminnnn….:D

Ya saya rasa segitu dulu lah yang bias saya ceritakan. Kurang lebihnya mohon maaf…
Tapi yang jelas….
Salam bahagia untuk Gadis Sampulllll….:D

One thought on “Cerita Dari Malam Final Gadis Sampul 2011

Tinggalkan Balasan

