“Mascarade Mystique”, Pesta Kelulusan Dengan Tema Menjanjikan

Sayangnya untuk eksekusi akhir masih banyak terdapat bagian yang “Miss” dan jadi terasa kentang alias “Kena Tanggung”.

Awalnya saya nggak terlalu tau banyak tentang sekolah fashion yang ada di Indonesia, ya yang paling saya tau dan familiar bagi saya hanya ESMOD. Sekolah mode franchaise dari Perancis yang konon adalah salah satu sekolah mode tertua di dunia. Seiring semakin bertambahnya jam jalan(Yeppp jam jalan, bukan jam terbang, karena saya nggak pernah terbang kalau dateng fashion show) akhirnya saya mulai tau satu persatu tentang sekolah mode lain yang bertebaran di Indonesia khususnya Jakarta. Jumlahnya memang nggak banyak, hmmmm atau mungkin lebih tepatnya saya tetep nggak banyak tau tentang sekolah mode disini. Saya hanya tau 4 sekolah mode, ESMOD, LaSalle, Raffles, dan Susan Budiardjo.

Kalau ESMOD memang sudah familiar bagi saya karena sudah 2 tahun saya selalu datang ke Graduation Night nya. Nah, saat tau kalau LaSalle akan mengadakan Graduation Night langsunglah saat itu juga saya penasaran banget gimana ya acaranya kira-kira?. Dan juga saya penasaran banget dengan gimana sih design-design anak-anak lulusan LaSalle?.

Karena itu, berangkatlah saya ke LaSalle Graduation’s Night dengan waktu yang sebenernya udah mepet banget gara-gara STNK motor saya nggak ada, dan walhasil menyebabkan saya menuju Balai Sarbini tempat berlangsungnya LaSalle Graduation’s Night tanpa STNK. Maafkan ya Pak Polisi…hiks.

“Mascarade Mystique” merupakan hasil kolaborasi siswa/siswi lulusan LaSalle periode 2011 dari seluruh program yang ada, yaitu : Fashion Design, Fashion Business, Digital Media Design, Interior Design, Photography, dan Artistic Make Up. Event ini diawali dengan pameran hasil karya siswa pada pukul 15.00 WIB yang meliputi Mini Boutique Bazaar, Movie Screening, Interior Installation, Photography Exhibition, dan Make Up Presentation yang kesemuanya skip bagi saya karena saya hanya menyaksikan acara puncak yakni fashion show. Karena ke skip an itu, saya nggak akan berkomentar apa-apa di acara awal ini.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan Graduation Ceremony pada pukul 16.00 yang diikuti 93 mahasiswa dari 6 program study yang ada di LaSalle. Dari 93 orang tersebut kemudian dipilihlah 6 siswa dari perwakilan masing-masing progran study yang dianggap menjadi siswa-siswa terbaik pada tahun ini. Mereka ini kemudian berhak menerima hadiah berupa Blackberry Playbook dan hadiah-hadiah lainnya, enak betul ya dapet Blackberry Playbook, saya juga maoooo…:p.

Acara puncak, yakni fashion show, merupakan presentasi akhir dari program Fashion Design yang mempersembahkan mini collection mereka. Bagi saya, acara inilah yang paling menarik, karena memang saya hanya menyaksikan langsung yang ini…:p.

Awalnya saya sangat curious dengan Fashion Show para siswa LaSalle ini. Tema yang diangkat menarik, unik, dan spesifik mengacu pada satu hal, sehingga saya awalnya mengharapkan akan menemukan gimmick-gimmick yang menarik. Dibuka oleh rangkaian mini collection dari salah seorang siswa yang menampilkan dress-dress dengan warna merah menyala.

Di titik ini saya masih merasa excited dengan jalannya show, tapi ternyata setelah kemunculan dress-dress membara itu yang ditampilkan kemudian adalah baju-baju ready to wear yang bagi saya sendiri, nothing special. Rasanya saya sudah pernah melihat belasan kali baju-baju ready to wear yang memiliki cita rasa serupa tapi tak sama seperti itu.

Cutting, pemilihan warna, detail, silluet, nggak ada yang baru. Baju-baju pada sequens itu saya rasa memang baju-baju untuk “jualan”, dan ya memang rasa-rasanya baju-baju itu sangat bisa untuk dijual. Si designer terasa sangat mengikuti selera pasar yang sekarang sedang “in”. Tapi kalau baju-baju seperti itu sudah banyak, kenapa harus semakin diperbanyak lagi ya dengan rancangan-rancangan ini? :p.

Ditengah-tengah show saya juga semakin menyadari, kalau jalur lintasan fashion show yang bukan berupa catwalk melainkan jalan yang melingkar ditengah-tengah area ternyata jadi cukup mengganggu karena sebuah pot bunga super besar yang diletakkan di tengah-tengahnya sehingga menghalangi arah pandangan ke panggung kecil yang berada di depan pot bunga super besar tersebut.

Panggung kecil yang menjadi salah satu titik utama dalam fashion show tersebut karena beberapa kali para model melakukan pose final disana. Selain itu lintasan fashion show yang demikian juga kurang memberikan kesan “fashion show sungguhan”, dan juga koreografi para model yang galau karena berbeda-beda tempat berhentinya serta sering kali terlalu cepat pergerakkannya bikin fotografer kerkadang bingung membidiknya karena lintasannya pun melingkar seperti itu.

Music sound yang kurang pas, dan ritme yang kadang terasa kejar-kejaran juga menjadi bagian dari fashion show graduate LaSalle ini.

Dengan tema yang menurut saya sangat menarik dan spesifik, seperti “Mascarade Mystique” ini sayang sekali ternyata eksekusi akhir di fashionnya kedodoran dan jadi kentang alias kena tanggung. Nuansa “mistik” yang terasa di pemilihan warna untuk area fashion dan dress code hitam-hitam bagi semua warga LaSalle yang terlibat di dalam acara itu, harus disayangkan karena ya hanya berhenti sampai disitu aja. Selebihnya, buat saya pribadi banyak bagian yang “miss”. Mulai dari rancangan para siswa yang sebagian masuk dalam kategori biasa aja walau memang ada yang keren-keren juga, masalah di music sound yang kurang pas dan kejar-kejaran ritme, sampai treatment show yang nothing special. Ya semua itu yang membuat saya bisa mengatakan kalau eksekusi akhir acara ini jadi kentang atau kena tanggung.

Overall, keseluruhan acara bagi saya sendiri nggak terlalu sampai yang bikin drop. Tetep ada moment-moment yang bisa saya ingat dengan baik, khususnya di sequens terakhir pada rancangan seorang siswi LaSalle bernama Bernanda Antony yang cukup eksperimental. Bernanda menghadirkan mini collection yang terbilang adibusana yang cukup menarik dengan dress berduri-duri besar.

Dan inilah akhir dari cerita saya dari LaSalle Graduation Night “Mascarade Mystique”.

Ps : #nomention #youknowwhoyouare You look so superbbbb at the show, happy to saw you there…J

Tinggalkan Balasan

