IPMI Trend Show 2012 Hari Pertama Part 1

Ada Tri Handoko, Valentino Napitupulu, Adesagi Kierana dan dibuka dengan parade busana seragam!
Tapi untuk Adesagi akan dipisah yaaa….

 

Big Bang by Tri Handoko. Foto by Rizka Fashionesedaily

Yup benar sekali saudara-saudara, IPMI Trend Show 2012 hari pertama dibuka dengan parade fashion show seragam yang awalnya bikin saya bingung dan bengong karena saya nggak tau kalau akan dibuka dengan fashion show seragam. Ketidaktahuan itu memang murni salah saya karena datang mepet waktu show, buru-buru dan nggak sempet baca rilis. Barulah akhirnya setelah saya buka dan baca rilis yang saya terima, saya menyadari bahwa disitu sudah ditulis dengan jelas kalau, opening IPMI Trend Show 2012 akan dibuka dengan parade Trend Seragam 2012 yang diprakarasai oleh Maxistyle.

Maxistyle sendiri adalah perusahaan tekstil dibawah PT. Maxistar Intermoda Indonesia yang merupakan korporasi marketing dan distribusi tekstil untuk seragam instasi.

Maxistyle kemudian bekerjasama dengan 10 orang desainer anggota IPMI untuk menciptakan rancangan busana seragam untuk 10 industri korporasi mulai dari perbankan, penerbangan, rumah sakit dan kesehatan sampai industri otomotif.

Dari total 32 set seragam rancangan 10 orang desainer IPMI(Adesagi Kierana, Ari Seputra, Barli Asmara, Denny Wirawan, Era Soekamto, Ghea Panggabean, Hutama Adhi, Syahreza Muslim, Tri Handoko dan Valentino Napitupulu) overall saya suka rancangan seragamnya. Meski tampilan bentuk asli seragam yang cenderung konvensional tidak hilang, tapi seragam rancangan para desainer ini jauh dari kesan kaku, dan tentunya jauh lebih stylish nan modis dibandingkan desain konvensional seragam-seragam biasa.

 

Big Bang by Tri Handoko

Foto by Rizka Fashionesedaily

Setelah parade fashion show seragam selesai, desainer IPMI pertama yang mempertontonkan koleksi busana teranyarnya adalah Tri Handoko. Terinspirasi dari kekuatan dari harapan dan optimisme di tengah kekacauan, ketakutan serta tekanan yang terjadi hampir diseluruh belahan dunia, Tri handoko menghadirkan rangkaian koleksi busana bernapaskan Ready To Wear.

Sebagai desainer pembuka, bagi saya pribadi Tri Handoko cukup mampu mencuri perhatian dari tamu undangan yang datang dengan memunculkan si model Androgini, Darell Ferhostan sebagai model pertama yang memperagakan koleksi karyanya. Dengan tampilnya Darell sebagai model pertama, Tri Handoko memperkuat kesan pertama terhadap rancangannya, Androgini.

Foto by Rizka Fashionesedaily

Tapi nggak cuma busana siap pakai beraroma androgini yang disuguhkan Tri Handoko pada parade peragaan busananya. Nuansa feminine dan maskulin pun ia sajikan dengan apik melalui koleksi gaun asimetris, blazer, T-Shirt, celana panjang dan pendek, jumpsuit, gaun berpotongan simple dan ringan, serta baju tanpa lengan. Hampir kesemua koleksinya itu ia racik dengan warna-warna gelap seperti hitam, dan merah tua. Memang ada beberapa koleksi yang mengaplikasikan warna lebih cerah seperti kuning, atau beberapa warna yang cukup cerah lainnya, tapi frekuensinya sedikit sekali.

Dan setelah melihat keseluruhan koleksi dari Tri Handoko ini, saya pun kemudian berpikir,

“Kayaknya trend motif garis kotak-kotak jadi ngetrend lagi nih”.

Karena hampir disetiap potong busana Tri Handoko selalu ada motif garis dan kotak-kotak.

 

The Touch of Art by Valentino Napitupulu

Dari ready to wear bepindahlah ke gaun-gaun cantik. Atmosfer santai serta jauh dari kesan formal langsung berganti ke nuansa romantis klasik dan unyu moment saat

baju-baju kasual Tri Handoko berganti dengan gaun cantik dari Valentino Napitupulu. Mengeksplorasi detail melalui sentuhan motif paisley, bunga dan dedaunan, Valentino Napitupulu meramu keanggunan dan kecantikan dalam polesan seni versinya. Dan viola!, jadilah koleksi bertajuk The Touch of Art ini.

Pelbagai gaun panjang dan pendek ia sajikan dalam silluet ringan dan bebas, saat melihatnya saya kadang seperti merasa berada di taman lengkap dengan beberapa ekor kupu-kupu yang berterbangan disekeliling saya. Romantis dan manis.

Selain menghadirkan bermacam-macam gaun, Valentino Napitupulu juga menampilkan koleksi busana pria yang memiliki pola rancangan klasik dan cenderung formal yang tertuang dalam potingan jas serta blazer. Koleksi seperti ini bagi saya cukup rawan, cukup rawan menimbulkan kebosanan dan kesan kaku. Tapi untungnya pada beberapa detail, Valentino Napitupulu membubuhi warna-warna cerah seperti merah dan emas serta beberapa motif menarik seperti motif hati(love) yang membuat setelan jas kaku menjadi lebih menarik dan seru.

Tapi, pada saat kemunculan koleksi sepasang setelan busana pernikahan. Dengan wajah datar saya langsung komen,

“Gila, ini dua model kaku banget sih. Baru kali ini Gue liat ada model buat wedding gown sama pasangannya yang kaku setengah mati, kayak pasangan baru kenal tadi pagi dan dinikahin siangnya”.

Ya abis gimana nggak?. Udah chemistrynya nggak ada sama sekali, terus si model cowoknya nampak seperti orang bngung. Dia bener-bener kaku, sama sekali nggak ada usaha untuk bantu si model cewek yang beberapa kali terlihat kesulitan berjalan dengan gaun pengantin yang punya buntut lumayan panjang itu. Mungkin mereka memang nggak mengenal satu sama lain, karena si model cewek itu model bule sementara si cowoknya model Indonesia, tapi apa karena nggak kenal jadi dia nggak ada rasa peka sama sekali sama pasangan di atas catwalknya. Dan saya pun dalam hati sudah gemes setengah mati, sambil ngegerutu,

“Bantuin kek itu pasangannya. Bantuin woyyy!”.

Tapi akhirnya disaat-saat terakhir, si model pengantin cowok tersadar juga akan ke khilafannya dan membantu si model cewek yang sampai pada titik terlihat benar-benar kesulitan saat berjalan mengenakan gaun pengantin itu.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s