Billy Tjong Look Book Collection 2012-2013

Kembali fokus pada koleksi busana pengantin, Billy Tjong tidak ingin mengkotakkan rangkaian koleksi teranyarnya pada tema tertentu. Ia seperti lebih senang untuk mengeksplorasi tiap potong busana dengan bermacam hal berbeda namun tetap mempertahankan ke-khas-an rancangannya yang cantik, feminine, serta kaya detil.

Look Book Billy Tjong 2012-2013

Sosok Kelly Tandiono yang berdiri ditengah manekin-manekin botak tanpa busana segera mencuri perhatian saya begitu membuka sebuah Look Book yang baru saja saya terima. Disampul depan dengan jelas tertulis, Billy Tjong(garis bawah) Look Book 2012-2013. Ekspresi wajah Kelly yang terlihat menantang serta kedua tangannya yang setengah mengepal sembari tolak pinggang semakin memunculkan karakter yang begitu kuat darinya. Hal ini seolah bertabrakan dengan citraan cantik dan feminine yang terpancar dari gaun model kemben yang pada bagian atas memiliki detil bertumpuk seperti kelopak-kelopak bunga teratai yang Kelly kenakan.

Tetapi bagi saya, disanalah letak salah satu daya tarik terbesar dari Look Book ini. Foto pertama dengan Kelly Tandiono sebagai model dengan karakternya yang begitu kuat dan gaun cantik yang ia kenakan membuat saya penasaran untuk membuka halaman-halaman selanjutnya dan memperhatikan satu persatu foto yang ada didalamnya dengan lebih seksama.

Look Book Billy Tjong 2012-2013.

Billy Tjong Look Book 2012-2013.

Lebih dikenal sebagai desainer busana pengantin serta gaun-gaun cantik, pada rangkaian koleksi dalam Look Book nya kali ini, Billy Tjong merentangkan sayap lebih lebar dengan memunculkan dua look koleksi kebaya. Saya pribadi yang telah mengikuti perkembangan busana-busana rancangan Billy Tjong sejak beberapa tahun lalu sempat merasa terkejut atas keberaniannya untuk merambah ke dunia rancang kebaya, lebih-lebih menghadirkannya dalam Look Book.

Warna cerah seperti merah dan merah muda, lalu detil rumit pada teknik pembuatan brokat kebaya yang dikerjakan sedemikian rupa hingga membentuk struktur seperti urat-urat yang memingkai detil sehingga detil kebaya menjadi timbul lebih jelas. Namun kemunculan kebaya pada Look Book nya kali ini hanya menjadi bagian kecil saja, karena koleksi busana yang ia tampilkan lebih dominan pada busana pengantin yang hampir keseluruhannya berwarna putih.

Billy Tjong Look Book 2012-2013.

Look Book Billy Tjong 2012-2013.

Tapi nyatanya, meski didominasi oleh busana pengantin, bagi saya koleksi busana pada Look Book milik Billy Tjong ini tetap terasa menarik, dan jauh dari membosankan. Detil busana yang kaya, garis rancang yang cantik, dan feminine namun kuat bertambah menarik dengan pengambilan gambar dari beberapa sudut yang membuat kadar menarik pada busana meningkat beberapa kali lipat. Hebatnya, pengambilan gambar pada Look Book  ini dikerjakan sendiri oleh sang desainer.

Chiffon, crepe, taffeta, tulle, chenille, dan duchess satin adalah material dasar yang dipilih desaine favorit Lomba Perancang Mode tahun 2005 ini untuk rangkaian koleksinya. Menghabiskan waktu pengerjaan sekitar satu sampai 6 bulan untuk setiap potong busana, desainer yang memulai karirnya pada tahun 2001 silam ini menuturkan bahwa beberapa dari koleksinya dikerjakan dikerjakan secara manual tanpa menggunakan bantuan mesin jahit.

Look Book Billy Tjong 2012-2013.

Look Book Billy Tjong 2012-2013.

Look Book Billy Tjong 2012-2013.

Pengambilan gambar dalam keseluruhan Look Book yang dilakukan sendiri oleh Billy Tjong pun turut menjadi nilai lebih dalam Look Book ini. Dengan merangkapnya peran Billy Tjong sebagai desainer sekaligus fotografer yang mengeksekusi hasil karyanya dalam bentuk foto, ia sangat tahu apa-apa saja yang ingin dimunculkan pada Look Book-nya. Semua elemen, pose, warna, dan mood ia hadirkan dengan sangat pas serta membuat Look Book miliknya tak hanya sekadar Look Book penuh foto model berbusana indah, tetapi Look Book ini hadir selayaknya sebuah buku bacaan yang menarik disimak hingga halaman terakhir.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s