Gue Jahat.

Hari ini gue ngerasa jahat banget. Bukan sama seseorang, atau orang lain, atau siapa aja yang sama kayak gue, manusia, mahkluk hidup. Gue ngerasa jahat banget sama Tuhan gue. Ya, gue ngerasa jahat.

Mungkin semua orang punya definisi dan batasan sendiri tentang “jahat”. Termasuk gue. Gue punya definisi dan batasan dan juga pendapat sendiri tentang jahat. Tapi, definisi, batasan, dan pendapat gue itu kadang terlalu susah untuk gue rangkaikan dengan kata. Kadang, atau bahkan sering, gue cuma bisa ngerasa dan melable diri gue sendiri. Dan hari ini gue merasa jahat banget sama sama Tuhan gue.

Dia kasih gue banyak hal yang bikin gue ngerasa jadi salah satu manusia paling beruntung di muka Bumi. Dia kasih gue banyak hal yang bikin gue selalu punya alasan untuk tersenyum sambil bersyukur. Dia kasih gue banyak pelajaran dalam hidup yang bikin gue terdiam, dan berpikir lagi tentang apa-apa saja yang sudah gue lakukan dan gue kerjakan. Dia kasih gue banyak, banyak banget, gue nggak bisa menghitungnya, bahkan banyak yang mungkin sudah menghilang dari ingatan gue.

Lalu gue?. Gue kasih apa ke Dia?. Gue tau Dia nggak pernah minta banyak. Dia nggak pernah mengultimatum gue secara langsung meski dalam ratusan lembar firman-Nya, Ia menjelaskan dan menceritakan banyak hal tentang apa-apa saja yang hitam, putih, dan abu-abu. Tapi buat gue itu bukan ultimatum, apalagi ancaman, buat gue itu nasehat. Seperti banyak kata dan cerita yang terselip pesan-pesan yang sering diceritakan orangtua.

Gue kasih apa ke Dia?. Itu lagi yang gue pertanyakan. Gue kasih apa ke Dia?. Dia yang baik luar biasa. Dia yang kebaikkan-Nya nggak bisa diukur dengan apapun di dunia. Gue kasih apa ke Dia?. Dia kasih gue 24 jam, Dia hanya minta 5 kali gue menemui Dia, dan gue sering lupa, atau sengaja lupa. Lalu apa yang gue kasih ke Dia?. Itu yang paling dasar, dan itu berantakkan.

Mungkin ya, mungkin, kalau Dia itu Nyokapnya Malin Kundang, gue udah dikutuk jadi batu. Tapi Dia bukan. Dia bukan siapa-siapa karena Dia adalah segalanya. Dia Maha Segalanya. Dia Maha Segalanya, termasuk Maha Pengampun. Hhhh…semoga Dia maafkan semua hal-hal jahat yang gue lakukan. Amin.

Tinggalkan Balasan

