Up2 Date “Retrospection” ; Koleksi Baru Yang Menengok Tren Masa Lalu

Ada tiga hal yang akhirnya saya sadari seusai menyaksikan peragaan busana tahunan dari Up2Date. Pertama, busana Muslim bisa jadi fashion item yang sangat seru dan menyenangkan. Kedua, pilihan gaya busana Muslim yang semakin beragam mematahkan stereotype kuno, kaku, hingga tidak styish yang seakan tertanam kuat pada busana Muslim. Ketiga, rasanya target Indonesia sebagai kiblat mode busana Muslim adalah suatu hal yang sangat realistis dan terasa makin dekat.

Up2Date "Retrospection"

Up2Date “Retrospection”

Dulu saya sering terjebak pada pemikiran bahwa menyaksikan peragaan busana Muslim adalah suatu hal yang membosankan. Pikiran ini terbangun bukan tanpa sebab, saya pernah beberapa kali datang dan menyaksikan peragaan busana Muslim dan saya tidak terlalu antusias melihat hasilnya. Saya bosan, apa yang ditampilkan itu-itu saja. Kadang saya merasa busana-busana Muslim yang dulu saya lihat itu terlalu dipaksakan. Niatnya menyelaraskan kaidah serta syariah busana Muslim dengan tampilan yang modis nan stylish, tapi sayangnya banyak yang gagal dan jadi tak menarik di mata saya.

Ada yang terlalu ramai, ada yang terlalu “berat”, ada yang terlalu mencolok, ada yang terlalu memiliki tampilan serupa antara satu dengan lainnya, dan ada juga yang niatnya ingin diperuntukan bagi anak muda, tapi terasa tidak mengikuti dinamisnya tren yang sedang “in” di kalangan anak muda.

Namun sesi terjebaknya saya dalam pemikiran dan perasaan setengah hati tentang busana Muslim luruh beberapa hari lalu ketika saya datang dan menyaksikan peragaan busana dari Up2Date. Apa yang ada dalam pikiran saya tentang busana Muslim itu membosankan, kaku, hingga tidak stylish menguap secara bertahap seiring dipertontonkannya koleksi-koleksi teranyar dari Up2Date.

Mengambil tempat di Ballroom 3 Hotel Mulia Jakarta, peragaan busana tahunan Up2Date dihelat pada Selasa 8 Januari 2013. Dimulai sekitar pukul 14.30 WIB, salah satu pionir penggerak perkembangan tren dalam busana Muslim bentukan Irna Mutiara ini merilis tak kurang 60 set koleksi. Dalam rangkaian koleksinya yang sekarang Up2Date menyuntikan formula yang unik pada keseluruhan koleksi. Formula ini dibuat dengan mencampurkan dua unsur, masa lalu dan masa kini.

O

Sekuens Satu Up2Date “Retrospection”, Ocean Motion.

Sekuens Dua Up2Date "Retrospection", Country Retreat.

Sekuens Dua Up2Date “Retrospection”, Country Retreat.

Sekuens Tiga Up2Date "Retrospection", Femme Valiant.

Sekuens Tiga Up2Date “Retrospection”, Femme Valiant.

Sekuens Empat Up2Date "Retrospection", Luxury Looks.

Sekuens Empat Up2Date “Retrospection”, Luxury Looks.

Mengangkat tema “Retrospection”, peragaan busana milik Up2Date kali ini kembali membuka album-album foto lama yang mengabadikan jejak perjalan Up2Date di tahun 2005-2006. Pada masa itu, koleksi Up2Date banyak dilatarbelakangi unsur-unsur mode yang mewakili era 1950-1960an. Era dimana masyarakat dunia mulai terbebas dari masa-masa perang dan mulai bisa menikmati uang yang dimilikinya dengan lebih leluasa.

Hal lain yang terkenang pada era ini juga ketika para perempuan mulai membebaskan dirinya dari keterikatan sekadar mengurus urusan rumah tangga. Mereka mulai memiliki lingkup pergaulan yang lebih luas, dan mengikuti perkembangan mode terbaru, namun tidak serta-merta meninggalkan kewajibannya di rumah atau lingkungan keluarga.

Pandangan ulang ke masa lalu ini kemudian di terjemahkan lagi dalam cita rasa terkini oleh Up2Date. Melalui ke-60 set koleksi kemudian dibagi lagi ke dalam 4 subtema, Up2Date coba merangkum dan menginterpretasikan racikan gaya koleksi terdahulu dengan ruh tren mode masa lalu dalam wajah terbaru.

Dibagi atas 4 sekuens, Up2Date mempersembahkan “Ocean Motion” sebagai hidangan pembuka dalam rangkaian peragaan busana.

Terinspirasi gaya rompi ala bajak laut. Model: Christina Borries

Terinspirasi gaya rompi ala bajak laut. Model: Christina Borries

Warna biru dongker, garis rancang tegas dan penggunaan aksen kancing berukuran besar seperti busana awak kapal tempo dulu. Model: Firrina

Warna biru dongker, garis rancang tegas dan penggunaan aksen kancing berukuran besar seperti busana awak kapal tempo dulu. Model: Firrina

Pada sekuens awal ini Up2Date mengembalikan tren mode ke tahun 1950an. Eksplorasi gaya kelautan(nautical) yang populer di masa itu hadir kembali dalam wajah baru. Motif garis-garis ala bajak laut dan awak kapal diwujudkan dalam siluet ringkas. Jenis busana mulai dari blazer, celana, blus, tunik, gamis, dan jaket berpadu menarik dengan atasan yang mengadopsi model kerah berkelepak yang sangat kekinian.

Tiga warna utama yang mendominasi era ini, yakni merah, putih, dan biru kemudian diberi sentuhan warna pasir gurun sehingga menjauhkan kesan monoton. Penempatan detil-detil kecil semisal kancing berwarna emas dengan ukuran yang cukup besar pun menambah daya tarik tersendiri. Kancing-kancing itu seakan mempertegas karakter seluruh koleksi yang ditampilkan sehingga terkesan lebih kuat.

Bahan denim jadi salah satu padupadan blus dan rok berwarna tanah. Model: Bunga Jelita

Bahan denim jadi salah satu padupadan blus dan rok berwarna tanah. Model: Bunga Jelita

Kemeja dengan suspender salah satu cara untuk memuncul imej farm's girl.

Kemeja dengan suspender salah satu cara untuk memuncul imej farm’s girl.

Kentalnya nuansa pedesaan serta tren motif kotak-kotak dan bunga-bunga yang sempat “in” di era 1950an hadir pada sekuens kedua, “Country Retreat”. Gaun berpotongan di pinggang, dipadu dengan rompi dari bahan denim berjumbai serta dilengkapi suspender dan sepatu bot sebetis selayaknya kegiatan perempuan di daerah pedesaan saat bekerja di ladang, berkebun, berternak, atau pun berkuda. Penggunaan warna tanah semisal coklat dalam berbagai jenisnya yang sangat mendominasi juga turut mengambil andil semakin kentalnya imej “farm’s girl” pada sekuens ini.

Siluet military sangat terasa pada sekuens tiga.

Siluet military sangat terasa pada sekuens tiga.

Blazer dengan warna merah gelap serta aksen atribut ala militer.

Blazer dengan warna merah gelap serta aksen atribut ala militer.

Sekuens tiga yang mengambil subtema “Femme Valiant” hadir dengan menampilkan koleksi busana berkarakter kuat dan tegas. Pesona sisi kuat dari seorang perempuan kemudian diinterpretasikan melalui rompi, jaket parka(jaket sepinggul dengan tutup kepala), jaket bomber(jaket pendek dikerut di pinggang dan pergelangan tangan), sepatu bot, aksen kancing ukuran besar yang memunculkan kesan tegas, tuxedo yang sedikit military dan boyish namun tetap feminin dalam warna hijau tentara, krem dengan sentuhan warna merah.

Tampilan busana Muslim yang elegan, glamor dan stylish dari sekuens empat.

Tampilan busana Muslim yang elegan, glamor dan stylish dari sekuens empat.

Pemilihan warna abu perak yang semakin memunculkan kesan elegan dan sophisticated.

Pemilihan warna abu perak yang semakin memunculkan kesan elegan dan sophisticated.

Terinspirasi dari busana untuk pergi ke pesta yang populer di tahun 1960an, sekuens penutup, “Luxury Looks” menghadirkan pilihan busana Muslim yang ringkas dan sederhana namun tetap elegan serta glamor. Warna-warna yang terkesan mewah semisal emas, perak, dan hitam gemerlap menjadi komposisi apik pada set busana yang terdiri dari blazer, rok, blus, dan gamis. Koleksi yang ditampilkan pada sekuens penutup ini diperuntukkan bagi mereka yang memerlukan busana Muslim yang cantik nan elegan untuk dikenakan tatkala datang ke sebuah acara pesta baik formal maupun semi-formal.

Merangkum keseluruhan peragaan busana, hajatan tahunan yang diselenggarakan oleh Up2Date ini terbilang sangat sukses. Banyak aspek yang terasa sekali telah dipersiapkan dengan matang  oleh Up2Date pada rangkaian koleksi mereka. Pondasi-pondasi dasar yang diperlukan dalam membuat suatu rancangan ataupun koleksi telah  dikuasai dengan sangat baik.

Up2Date nampak mengerti benar jika salah satu pangsa terbesarnya adalah anak muda, dan mereka mengkreasikan koleksi mereka dengan semangat kekinian dan mengikuti apa yang sedang digandrungi anak muda jaman ini seperti cutting-cutting asimetris, peminimalisiran warna-warna yang terlampau mencolok, serta detil yang memiliki twist.

Menariknya lagi, tiap outfit yang disuguhkan Up2Date banyak yang terasa universal. Maksudnya, setiap potong busana tidak terasa saklek harus dikenakan dengan pasangannya yang baik dan benar serta  akan tetap menawan jika dikenakan oleh mereka yang pada kesehariannya tidak mengenakan hijab. Banyak diantara koleksi yang saya lihat akan sangat menarik dan seru jika dikenakan secara terpisah dan dipadupadankan dengan fashion item lainnya yang bukan satuan produk Up2Date. Blazer, jaket, celana, blus, rompi, hingga jaket bomber yang ditampilkan bisa dikatakan sangat “hip” dan anak muda. Saya malahan berpikir berulang kali jika item-item tersebut hampir tak ada bedanya dengan item busana non-Muslim yang “in” di kalangan anak muda, hanya saja dalam versi yang lebih tertutup dan santun.

Sekuens Dua Up2Date "Retrospection", Country Retreat.

Sekuens Dua Up2Date “Retrospection”, Country Retreat.

Jika ada kekurangan yang terasa pada peragaan busana Up2Date “Retrospection” ialah pengemasan peragaan busana itu sendiri yang kurang menarik. Terlalu biasa dan sangat sederhana. Saya cukup mengerti jika mungkin pengemasan seperti itu adalah bagian dari konsep yang dipilih, namun alangkah lebih menariknya bila seandainya pada peragaan busana beberapa aspek penunjang lebih diperhatikan.

Misalnya saja multimedia, atau mungkin detil dekorasi panggung peragaan busana. Tidak perlu membuat multimedia heboh yang sangat canggih, tidak perlu juga dengan detil tata panggung yang rumit, tetapi sedikit sentuhan multimedia seperti misalnya animasi, video dan lain sebagainya tentu akan membuat peragaan busana dan busana itu sendiri semakin menarik. Terlebih lagi jika panggung peragaan busana diberikan sedikit dekorasi detil, ide, tema, serta kekuatan karakter busana sudah pasti akan semakin kental terasa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s