Hello(again) World!

“Hello World!”. Apakah kamu ingat judul posting pertama yang ditampilkan secara otomatis saat kamu pertama kali membuat blog? “Hello World”. Sapaan pertama kamu pada dunia. Dua kata yang jadi pertanda akan dimulainya masa eksistensimu di kolom tulisan dunia maya. Eksistensi yang bisa cuma sebentar saja karena pada akhirnya kamu terlalu malas untuk meneruskan, atau eksistensi yang berlangsung dalam waktu lama karena pada suatu waktu kamu menemukan kenikmatan tersendiri untuk berceloteh lebih lama dalam bentuk tulisan yang kadang entah untuk siapa.

Sejujurnya, saya lupa tulisan pertama saya di blog ini. Saya lupa tulisan itu sebenarnya saya tujukan untuk siapa? Ingatan saya sangat samar dan jujur, saya enggan untuk membongkarnya. Tapi saya ingat sesuatu tentang tulisan pertama itu. Tulisan itu saya buat beberapa tahun lalu. Bagi saya, sudah sangat lama sekali, ya, walaupun lama atau tidaknya waktu berlalu adalah hal yang relatif. Lalu saya ingat satu hal yang lainnya, saya sudah lama sekali tidak menuliskan sesuatu di dalam blog ini. Ah, waktu yang relatif, tapi terlampau lama dalam presfektif saya.

Beberapa hari belakangan saya sempat bertanya-tanya tentang kabar blog ini. Apakah blog ini masih sehat-sehat saja? Apakah blog ini mulai dikotori sarang laba-laba karena sudah terlalu lama tidak dijamah seperti rumah tua yang diabaikan? Apakah blog ini masih ada atau sudah menghilang seperti nisan tua di pemakaman yang tak pernah diurus ahli warisnya? Saya tahu semua itu terdengar aneh, tapi kepala saya memang sering iseng melontarkan pertanyaan aneh seperti itu. Pertanyaan aneh yang saya harap memiliki jawaban yang tidak aneh-aneh karena saya berharap blog ini masih sehat dan baik-baik saja tanpa dipenuhi sarang laba-laba atau ditumbuhi lumut karena terlalu lama ditinggalkan.

Saya masih ingat posting terakhir saya dalam blog ini adalah tentang peragaan busana tahunan Biyan beberapa bulan lalu. Dan setelahnya, saya tidak sempat lagi menuliskan apa-apa dalam blog ini. Tidak sempat. Saya rasa saya tidak punya pembelaan lain selain kata tidak sempat dan terlalu dipusingkan dengan banyak pekerjaan rumah lainnya.

Selama saya menghilang ada beberapa hal yang menyita banyak waktu dan cukup memusingkan kepala saya. Yang paling utama adalah saat diterimanya saya sebagai Mahasiswa Baru di Universitas Indonesia yang sudah secara otomatis menyita banyak waktu saya untuk mengurusi ini itu masalah administrasi dan serangkaian masa orientasi. Ya, saya sekarang bukan siswa SMA lagi, mungkin juga tidak bisa disebut ABG lagi, tapi saya yakin saya masih bisa mengatakan “Hello World!” sekali lagi. Saya ingin kembali memenuhi kolom tulisan dalam blog saya. Jadi, ini adalah sapaan saya yang kedua pada dunia, “Hello(again) World!”.

Tinggalkan Balasan

